Thursday, April 30, 2015

Mengurus Pembuatan STNK Baru Karena STNK Hilang



Tulisan saya kali ini adalah sumbangan cerita pengalaman teman kantor saya.
Ceritanya beliau kehilangan STNK sepeda motor nya, dan beliau merencanakan mencoba untuk mengurus/membuat STNK baru di Samsat, tapi tanpa bantuan calo alias mengurus sendiri.
Alasannya cukup menggugah kita yang ingin mengurus STNK hilang, yaitu ingin membuktikan bahwa mengurus STNK hilang tidak lah sesulit seperti apa yang kita dengar selama ini dan sudah pasti biaya nya lebih murah, alias tidak ada biaya-biaya siluman.

Jadi saya dan teman saya berharap melalui cerita ini, teman-teman pembaca yang ingin mengurus STNK hilang, ingin mencoba mengurus sendiri, karena :
1.      Tidak lah sulit dan berbelit-belit
2.      Biaya lebih murah (kurang lebih hanya Rp 50.000)
3.      Membantu pemerintah memberantas CALO.


Ok, langsung aja ya.....
Oiya, teman saya ini mengurus STNK nya yang hilang di Samsat Semanggi – Jakarta. Seharusnya prosedur yang saya ceritakan ini juga berlaku di Samsat manapun, hanya saja yang membedakan pastilah lokasi loket-loket nya.

Pertama siapkan kelengkapan berkasnya :
1. BPKB asli
2. KTP asli (baik yang sesuai di STNK dan yang mengurus)
3. Surat kuasa bermeterai (apabila mengurus milik orang lain/beda nama di STNK)
4. Surat laporan kehilangan dari polisi

Tips :
Fotocopy semua berkas tersebut minimal 3 rangkap. Kenapa, fotocopy di Samsat sudah pasti lebih mahal dan selalu antri panjang.


Hari pertama,
1. Pertama ke lokasi area cek fisik (tepat di sebelah kiri gedung Samsat).
Ambil blanko cek fisik
2. Cek fisik (tips sifat nya suka rela, ada juga yang tidak kasih)
3. Legalisir blanko cek fisik (loket 3), setelah selesai langsung ke lantai 2 gedung Samsat
4. Ambil form pendaftaran STNK hilang, lalu ke basement
5. Ke bagian arsip STNK, untuk di cek kelengkapannya
6. Ke lantai 1 bagian tata usaha, ambil form keterangan STNK hilang
7. Ke loket salinan pajak, ambil bukti pajak
8. Ke loket khusus untuk menyerahkan bukti salinan pajak
9. Balik lai ke bagian tata usaha
10. Akan disuruh datang kemballi besok jam 09.00 (tanda terima !!)

Hari pertama selesai, kurang lebih memakan waktu 1 jam dan tidak ada biaya.


Hari ke dua,
1. Ke bagian tata usaha di lantai 1, ambil surat keterangan kehilangan STNK
2. Ke lantai 2, serahkan surat di loket pendaftaran STNK hilang
3. Balik ke lantai 1 bagian tata usaha, untuk pembukuan arsip
4. Balik ke lantai 2 loket pendaftaran, serahkan berkas dan kita akan menerima surat tanda terima pembuatan SSPD.
5. Disuruh balik besok jam 13.00 (tanda terima !!)

Hari ke dua selesai, kurang lebih memakan waktu 30 menit dan tidak ada biaya.


Hari ke tiga,
1. Ke loket penyerahan SSPD di lantai 2, serahkan tanda terima.
2. Ke Bank DKI, bayar Rp 50.000 sesuai yang tertera di berkas SSPD
3. Ke loket penyerahan STNK, berikan struk pembayaran dari Bank DKI
4. Tunggu dipanggil

Hari ke tiga selesai, kurang lebih memakan waktu 15 menit dan ada biaya Rp 50.000

Selesailah rangkaian proses pembuatan/pengurusan STNK hilang di Samsat Semanggi – Jakarta, total biaya yang dikeluarkan untuk proses pengurusan STNK hilang adalah HANYA Rp 50.000 (di luar tips cek fisik dan parkir), dan memakan 3 hari kerja (yang tidak lebih dari 1 jam setiap hari nya).

Dan beberapa catatan :
1.      Bawa alat tulis/pulpen
2.      Datang pagi (jam 08.00)
3.      Bawa uang receh

Bagaimana?
Mudah-mudahan cerita diatas dapat menggugah semangat kita untuk mencoba (minimal) mengurus kehilangan STNK sendiri.

Terima kasih kepada Bapak Alvin, atas sumbangan ceritanya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi saya dan kita semua.  


  

132 comments:

  1. Mantap, terima kasih kepada bro Anto yang sudah memuat kisah saya

    ReplyDelete
  2. Surat kuasa bagaimana maksudnya pak? Tolong respon terima kasih banyak pak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat kuasa,
      Dibutuhkan apabila yang mengurus STNK (balik nama, bayar pajak, kehilangan, dll) bukan nama yang terlampir di STNK.
      Intinya beda nama antara yang mengurus dengan nama yang tertera di STNK.

      Delete
  3. Untuk surat kuasa bentuknya bagaimana ya?
    Lalu, apakah tidak perlu surat keterangan hilang dr polsek da polres?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kehilangan,
      Diperlukan surat keterangan dari polsek/polres.

      Contoh surat kuasa, bisa dicari di internet gan....banyak contoh nya.

      Intinya surat kuasa adalah
      Seseorang A memberikan kuasa kepada seseorang B, untuk melakukan/mengurus STNK nya.

      Delete
  4. Saya menghilangkan stnk bapak saya. Posisi saya di jogja dan bapak sya dilampung. Itu mengurusnya bisa dijogja atau dilampung ya ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang Mbak Nurbaiti,
      Asumsi 1 :
      STNK yang hilang menggunakan KTP bapak yang berdomisili di Lampung.

      Apabila keadaan nya seperti asumsi saya diatas, maka kepengurusan STNK harus di Lampung, di Samsat dimana STNK dikeluarkan.

      Asumsi 2 :
      STNK menggunakan KTP bapak yang berdomisili di Jogja (hanya saja saat ini bapak berada di Lampung).

      Apabila keadaannya seperti asumsi ke 2, maka yang mengurusnya bisa mbak di Jogja.
      Hanya saja memerlukan surat kuasa, dari bapak ke mbak didalam mengurus STNK yang hilang ini.

      Semoga membantu

      Delete
  5. hari ini aku ke samsat, dan semua loket bayar.. ga ada yang gratis yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitu kelakuannya.
      Kita doa-kan supaya bisa berubah, sehingga pelayanan ke masyarakat bisa dikedepankan.

      Delete
  6. Pak saya mau nanya kalau seandainya saya mau memperpanjang stnk tapi stnk saya hilang itu harus mutasi dulu apa bisa langsung perpanjangan stnk saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Juneidy,
      Saya rasa proses pembuatan STNK baru + perpanjangan + mutasi bisa dilakukan bersamaan.

      Tapi saya kurang jelas mekanisme proses nya, saya belum punya pengalaman seperti ini.
      Mungkin yang lain ada yang punya pengalaman seperti mas Juneidy?

      Delete
  7. ane ke birojasa biaya pengurusan stnk ilang harganya Rp. 600 ribu (motor supra x) ..zzz

    trs urus sdiri ktny plg mahal 100rb aja. ksana, proses emang banyak. disuru mondar-mandir loket. blm ngantri tiap loket nya panjang bgt. setengah hari urus belum kelar. hrs 2 hari.

    untung aja besoknya stnk ketemu. wkwkwkk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur lah kalau begitu.....tidak perlu melewati proses yang gampang tapi dibikin susah.

      Delete
  8. Mas Juneidy,
    Saya rasa proses pembuatan STNK baru + perpanjangan + mutasi bisa dilakukan bersamaan.

    Tapi saya kurang jelas mekanisme proses nya, saya belum punya pengalaman seperti ini.
    Mungkin yang lain ada yang punya pengalaman seperti mas Juneidy?

    ReplyDelete
  9. Slamat malam. Mau nanya, untuk surat kuasa itu kita harus buat sendiri (bawa dri rumah) atau sudah disediakan oleh samsat (tinggal bawa/ bayar materai) ??
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat Kuasa, dibuat sendiri mas....jangan lupa meterai nya.
      Format bisa mencontoh dari internet, banyak kok.

      Delete
  10. Bpkb saya hilang pas pindahan,, stnknya hilang do didompet. Gimana yaa car mengatasi nya ??

    ReplyDelete
  11. Kalo bpkb Dan stnk hilang masih bisa di urus gaa yaa ? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ririn,
      BPKB dan STNK hilang, masih bisa di urus (tapi mungkin lebih ribed).
      Proses pertama yang pasti membuat surat kehilangan ke kantor Polisi.

      Apabila ada foto copy BPKB dan STNK, mungkin lebih membantu.

      Delete
  12. Good morning sir..
    seandainya saya datang hanya di hari pertama
    apakah masih bisa menggunakan surat kuasa untuk hari ke 2 dan ke 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang mas Ardian,
      kalau mas mengurus untuk/atas nama mas sendiri, tidak perlu surat kuasa.
      Tapi untuk hari ke 2/3, kalau hanya sebatas ambil saja......kayaknya tidak perlu, kecuali masih proses masukin berkas2 (masih dibutuhkan surat kuasa).

      Surat kuasa, sifatnya hanya sekali.....pada saat masukin berkas, selebihnya tidak diperlukan.
      Masukin berkas urus STNK & masukin berkas urus BPKB.

      Delete
  13. Waduhh, motor saya di mksr, stnk hilang d makassar. Terus STNK atas nama bapak d Toraja...gmna dong ? Solusinya om...thankz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta tolong bapak untuk urus, di Toraja mas.
      Cek fisik kendaraan/gesek no rangka & mesin, bisa minta blanko ke samsat terdekat di makasar, dan dikirim ke Toraja.

      Delete
  14. Mas tanya dunk kalo stnk ilang tpi blm balik nama bisa urus sndiri ga tanpa perlu pihak pertama dilibatkan ? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Anti,
      Kayaknya tetap perlu KTP sesuai yang tertera di STNK.
      Kalau untuk mengurusnya, bisa dilakukan oleh Mbak, tapi jangan lupa membawa surat kuasa.

      Delete
  15. Mas klo KTP asli yang mengurus ilang gmn? bisa pake ftocpyan ga? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya tidak bisa mas.
      KTP asli tetap harus dilampirkan.

      Delete
  16. Kalo foto copy stnknya ga ada gimana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di foto copy terlebih dulu mas.

      Kalau STNK asli nya juga gak ada, berarti harus mengurus surat kehilangan terlebih dulu ke kantor polisi.

      Delete
  17. Gue pake calo gara2 ga ada ktp janji 5hari eh tau tau 2bulan. Gila kan tuh. Pengalaman. Kalau bisa urus sendiri jangan pake calo bro. Nyesek!!!

    ReplyDelete
  18. kira2 berapa hari pembuatan STNK baru

    ReplyDelete
  19. kira2 brp hari ya pembuatan STNK nya

    ReplyDelete
  20. Stnk ibu saya hilang sama saya tapi photocopy an nya ada nah sedangkan saya januari 2016 rencana mau bikin SIM nah kalo di barengin sama bikin stnk baru pake nama dan data diri saya bisa gk dan apakah lebih ribet cara dan ketentuanya. Mohon maaf mas. Kasih tau ya tips nya mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa mas Yoga, karena tidak ada hubungannya antara STNK dengan SIM.

      Kalau mau ganti nama di STNK dari nama ibu ke nama mas Yoga,
      hitungannya balik nama mas.

      Delete
  21. Bang anton,Stnk motornya hilang trs mau saya urus sxan balik nama.apa harus dilampirin ktp asli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu mas Marwan, langsung gunakan KTP yang baru.
      Tapi dengan catatan harus balik nama.

      Delete
  22. Mas itu gak pake iklan dikoran dulu..?

    ReplyDelete
  23. stnk saya hilang tanpa ada ftocopy nya dan bpkb pun masih belum selesai di samsat gmna caranya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Willy, paling nunggu BPKB nya selesai terlebih dahulu....baru proses pembuatan STNK

      Delete
  24. Pagi mas anto .. tp itu bener memang biayanyaa hanya 50 rb ... yaa gaa smpee d atas 100 rb lah mkstnya ... apakah benaar??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mba, ini pengalaman teman yang mengurus sendiri.

      Delete
  25. mas stnk saya hilang
    mau coba urua sendiri, doakan ya
    itu begitu sampe langsung periksa fisik kendaraan ?

    ReplyDelete
  26. Pak Anton,
    Ngurus STNk hilang bisa sehari langsung jadi ngga ya ?

    soalnya aq searching ada yg sehari langsung jadi,
    apa harus datang lebih pagi ya, biar sehari langsung jadi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Evi,
      Kalau mengurus sendiri dan sesuai prosedur, tidak bisa 1 hari selesai.
      Minimal 3 hari kerja.

      Delete
  27. Kemarin saya bantu Temen saya ngurus stnk hilang kok harus pasang iklan kehilangan di koran ,terus di BAP ,kok ribet ya -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, trus gmn?
      Kalau tidak keberatan boleh di share ceritanya disini.
      thanks

      Delete
  28. Hi Mas,
    Kakak saya ingin membeli motor digroup FB dengan kondisi hanya BPKB, non stnk, apakah untuk kepengurusannya tidak susah?.. atau penjualan diunit tsb ilegal ya mas?..
    Karena kalau memang legal akan diurus STNKnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, maaf ya saya belum punya pengalaman seperti itu.
      Yang pasti kalau motor resmi itu ya akan dapat BPKB dan STNK.

      Delete
  29. Mas ngurusnya langsung ke samsat ya enggak ke polsek dulu.. ga bikin laporan kehilangan dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ke polsek dulu, untuk mengurus surat kehilangannya

      Delete
  30. misi mas
    mau nanya,ngurus stnk hilang sekalian balik nama,tapi ktp orang pertama sudah almarhum,gimana ya mas???

    ReplyDelete
  31. Permisi,jika bpkb dan ktp alamatnya berbeda kota (pemilik sama,tapi sudah berganti domisili sebelum mutasi sepeda motor)apa bisa diurus kehilangan tanpa harus mutasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, kayaknya tetap harus lewat proses mutasi...karena KTP sudah pindah domisili

      Delete
  32. Mas anto, saya mau bertanya
    Kalo saya mau urus stnk hilang milik perusahaan, apa saya perlu membawa akta perusahaan yang asli juga sbg pengganti ktp (kalo beda pemilik) atau hanya sekedar surat kuasa dr perusahaan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dua2nya mas.
      Surat kuasa dibutuhkan karena perusahaan mengutus mas untuk ngurus, berkas2 lain dibutuhkan untuk mengecek keabsahan STNK kendaraan perusahaan tersebut.
      Kalau saya baca2 di-internet berkas yang dibutuhkan cukup banyak, seperti :
      1. FC NPWP
      2. FC SIUP
      3. FC TDP
      4. FC Domisili
      5. dll

      Delete
  33. mas numpang tanya, jadi kebayang oya lbih enak ngurus sendiri apa lewat biro jasa ya mas, mohon bantuan dan info nya rekan-rekan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau gampang n enak, ya pakai calo/biro jasa.
      Kalau mau irit, ya urus sendiri.

      Tapi sebaiknya ya urus sendiri.
      Selamat mencoba.

      Delete
  34. mas mau tanya, saya baru kecopetan stnk hilang juga. Kalau saya mau urus sendiri, tapi itu motor second dan belum balik nama gimana ya? apa ada cara lain selain pinjam ktp pemilik pertama?

    ReplyDelete
  35. mas saya abis di tilang polisi truss, stnk saya di sita..... pas 2minggu saya dtang ke pengadilan sesuai kertas merah tpi di daftar di pengadilan gak ada nama saya...... pas saya datang ke polisi x malah.. saya di suruh buat stnk yg baru....... kok gitu pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, itu mah oknum mas.....
      Dan mas harus dateng ke pengadilan sesuai tanggal yang sudah dijadwalkan, diluar jadwal SIM akan dikembalikan ke kantor polisi.

      Delete
  36. Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, sukses selalu juga buat Pemutih Wajah

      Delete
  37. mas saya mau tanya , saya beli motor bekas, jdi stnk sama bpkb nya bukan atas nama saya , di dalem bpkb nya ada fc ktp pemilik sama bukti pembelian , nah , stnk nya ilang , gimna saya urus nya , dan biayanya berapa ? sekalian berapa juga kalo bayar pajak misalkan mati 4 taun , dan plat mati 3 bulan , urus nya gimna dan berapa , hehehe makasi mas sebelom nya ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diurus mas, tapi wajib langsung balik nama kayaknya.
      Untuk denda, bisa mengikuti rumus yang sudah saya bahas di topik https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=5568179600467319844#editor/target=post;postID=8545404674680585987;onPublishedMenu=allposts;onClosedMenu=allposts;postNum=30;src=postname

      Delete
  38. Pemerintah provinsi bali patut diacungi jempol,sya kmrn urus sndri Stnk hilang cm 20 menit kelar dan biaya cm 50rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. jempol buat Polisi, maju terus Polisi Indonesia

      Delete
  39. Permisii.. Kalo stnk ilang tapi bpkb belom turun karna motor belom lunas gimana.?
    thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus minta surat pengantar dari leasing dan copy BPKB nya kali ya.

      Delete
  40. mas, kalo stnk motor bpk saya hilang mau saya urus tapi ktp saya gak ada gimana , pakai ktp bpk saja sudah cukup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KTP yang digunakan, sesuai yang tertera di STNK.
      Kalau STNK atas nama Bapak, berarti yang dibutuhkan KTP Bapak.

      Kalau orang lain/mas Ahmad yang mau urus, perlu surat kuasa (tinggal dibuat).
      Tapi kayaknya tetap perlu foto copy mas Ahmad.

      Delete
  41. Mas Anto sy mau brtanya kira2 biaya kl lewat biro brp ya? krn khawatir kl biaya melampaui batas.. STNK sy hilang pd hri ini.. jika mas Anto tau informasi ny yaa atau Jika tmn2 ada yg tahu info please.. thank you.. Can't wait your reply...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Putri,

      Untuk kisaran harga di biro jasa bisa dicari di internet mbak, salah satunya bisa dilihat disini
      http://fjb.kaskus.co.id/product/000000000000000014321929/biro-jasa-stnkbalik-namamutasicabut-berkas-dan-stnk-hilang/

      Setahu saya kurang lebih 400-500rb an, untuk urus STNK hilang dengan biro jasa.

      Kalau memang punya waktu lebih, sebaiknya dicoba urus sendiri aja mbak, harga pasti lebih murah....sekalian sebagai pengalaman.

      Delete
  42. mau tanya ms anto..stnk saya yg domisili jakarta hilang..sedangkan ktp saya sudah pindah di jogja,kalo mengurusnya skalian balik nama bisakah? di mutasi ke alamat saya di jogja .trima kasih

    ReplyDelete
  43. mas anto, saya mau ngurus stnk hilang, tapi gaada fc stnk dan bpkb masih di dealer karna motor masih kredit, apa yang harus saya lakukan?

    ReplyDelete
  44. mas anto, stnk atas nama ibu saya hilang, yang ingin mengurus saya, dan gaada bpkb belum ada karna motor masih kredit, apa yang harus di lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bpkb, bisa minta surat pengantar ke leasing nya.
      Karena yg urus mas Akbar, jangan lupa surat kuasa pada saat mengurusnya.

      Delete
  45. bang anto, saya stnk hilang tapi harus bayr 800 ribu.... gimana yah bang?
    infonya dong masih berlaku ga ya pasal yg 50 ribu itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu mah oknum om.....langsung ke loket-loket aja.
      Mungkin link ini membantu,
      http://www.lacasacomics.com/2015/11/cara-pengurusan-stnk-yang-hilang.html

      Delete
  46. Tadi sdr saya urus stnk hilanga di samsat jakarta timur,persyaratan& kelengkapan sudah saya berikan termasuk surat kuasa dan KTP asli karna motor a.n saya.
    Setelah diurus disamsat kataanya suruh ke polda utk urus pajak padahal pajak sdh saya bayarkan.apakah seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak seperti itu.
      Yang wajib itu urus STNK hilang nya HARUS di samsat dimana STNK tersebut dikeluarkan.
      Apakah STNK nya dikeluarkan oleh samsat Jakarta Timur?

      Delete
  47. Siang mas Anto, mas stnk motor saya hilang, posisi motor di cikarang, tapi plat nomor motor lampung. Motor itu masih atas nama pemilik pertama di lampung. Bagaimana cara saya mengurusnya ya mas? apakah ada biro jasa untuk mengurus ini? karena saya kerja di cikarang. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas Adib,
      Kalau mau diurus menjadi nama mas Adib (KTP Cikarang), berarti harus melakukan proses Balik Nama (tidak perlu KTP pemilik pertama) dan Mutasi (dari Lampung ke Cikarang).

      Untuk info biro jasa, bisa cari-cari di internet mas.

      Delete
  48. Mas anto saya mau tanya , stnk saya hilang pajak mati 1thn saya juga mau balik nama sekalian , yg saya tanyakan . Apa bisa mengurus 3 itu tanpa ktp pemilik yg lama ? Berapa biaya yg di keluarkan ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang Ibu Rosdianah,
      Bisa ibu, tapi wajib balik nama.
      Untuk biaya, bisa melihat rumus yg saya tulis diatas, patokannya dari PKB (pajak kendaraan bermotor).

      Delete
  49. mas kalo stnk saya ketilang dan mau buat baru bisa ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm...ya harusnya bisa.
      Tapi kan prosesnya lebih ribed n lebih makan biaya.

      Delete
  50. Tadi saya mau ngurus stnk hilang di samsat kircon bandung, sdh bawa BPKB, KTP asli. Surat kehilangan dari polsek, pas d loket di tolak katanya persyaratan nya kurang. Katanya surat kehilangannya harus dari polrestabes, sudah itu harus ke POlDA k bagian telematika, terus harus iklan d koran sebanyak 3x. Ternyata ribet juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kok dipersulit gitu, harusnya surat kehilangan dari polsek cukup ya.
      Semangat mas, semoga cepat selesai.

      Delete
  51. Mas mau tanya dong. Stnk saya hilang atas nama pake adik saya. Yang jadi pertanyaan bpkb nya masib d leasing (maklum beli credit) cara nya gimana ya? Saya tanya lewat birjo biaya nya 1,3jt . Wow bgt kn mayan .. mohon info nya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta surat jalan/surat keterangan ke leasing, bilang aja mau urus STNK hilang. Nanti juga dapet copy-an BPKB nya.

      Delete
  52. Aku habis ketilang, tapi berkas stnk ku gak ada di pengadilan atau samsat. Kalau seumpama stnk ku hilang, aku mau ngurus stnk baru yg langsung atas namaku bisa gak yaa? Karena stnk motorku itu masih atas nama pemilik yg lama.

    ReplyDelete
  53. Malam mas Anto. Saya mau tanya, hari ini saya kehilangan STNK dan STNK itu atas nama ayah saya tapi posisi saya di solo dan ayah saya di Depok. Kira kira gimana cara mengurusnya. Sebelumnya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamat yg tertera di STNK dimana, solo/depok?
      Bisa menggunakan surat kuasa dalam proses pembuatan STNK, tapi tetap dibutuhkan KTP asli.

      Delete
  54. misi gan , klo misalkan di BPKB nya atas nama orang yang udah meninggal gimana tuh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak masalah gan, tinggal di update saja BPKB nya sesuai dengan nama baru di STNK

      Delete
  55. Mas nanya kalau ktp pindah gang saja tapi satu rw apa perlu balik nama untuk ngurus stnk hilang

    ReplyDelete
  56. Pak anto Mau naya ni...stnk saya ilang tapi posisi pajak masih hidup..kalau mau bikin stnk lg apakah saya harus bayar pajak lg...

    ReplyDelete
  57. Misi pak anto...mau naya .stnk saya hilang dan posisi pajak stnk masih hidup.kalau saya mau biin stnk lg apakah saya harus bayar pajak stnkya lg

    ReplyDelete
  58. Mas klo stnk saya hilang dan tu saya beli motor bekas n gak tau rumah yg jual motor gimana mas cara ngurus nya...

    ReplyDelete
  59. Misi bang, stnk temen saya hilang di surabaya, trus ktp domisili rembang. Apakah motornya harus dibawa ke rembang jg buat cek fisik motor? Atau bisa di surabaya setelah itu urus stnk nya di rembang? Terimakasih banh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa, tinggal ambil/beli blanko untuk arsir no rangka/body di samsat.
      Setelah itu baru di urus.

      Delete
  60. Skarang makin ribet. Ane ngurus lebih dari 3 hari dan polisi jelas2 minta pungli 400k dgn dalih " mau dibantu " tp ane tolak mentah2

    ReplyDelete
  61. Mas, saya mau nanya. kemarin aku ke jogja pinjem motor temenku. stnk nya hilang sama saya. tapi temen saya ga nyimpen foto copyan stnk dan ktp asli pemilik motor (karena beli second). kira-kira gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walau tidak punya fotocopy STNK, tapi tetap bisa di urus.
      Hanya saja karena tidak memiliki ktp pemilik pertama, ya berarti harus di proses balik nama.

      Delete
  62. Misi mas Anto mo nanya, saya beli motor bekas di Bandung tp sekarang domisili di Jogja surat²nya lengkap, pajak hidup. apakah bisa balik nama di tempat domisili sekarang & apa perlu KTP pemilik sebelum nya serta TNKB nya di ubah? Mksh. - Hendri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus proses mutasi dari Bandung ke Jogja, dan balik nama di Jogja.
      Tidak perlu KTP pemilik sebelumnya.

      Delete
  63. Kalau stnk atas nama bapak saya hilang. Bapak saya di rengat, Sedangkan saya di pekanbaru.bagaimana cara saya mengurus stnk baru tapi tetap atas nama bapak saya? Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tetap ingin menggunakan nama bapak, berarti harus pinjem KTP baoak nya.
      Jangan lupa pakai surat kuasa bermetrai.

      Delete
  64. Terkhir urus stnk hilang di samsat polda Feb 2017.
    Sama prosesnya spt dijelaskan di atas, tapi kena bayar 50rb pd hari ke 2 krn bukan pemegang ktp asli yg datang, alesannya hrus kolektif.

    G tau itu pungutan apa, krn g pake kwitansi.

    ReplyDelete
  65. Selamat malam, saya mau nanya, saya baru kehilangan stnk cuman papa saya beli motor second atas nama perusahaan tapi sudah ada surat kuasa kepada si penjual motor tersebut, lalu untuk pelaporan atau pembuatan atau balik nama stnk bisa di semua samsat kah karna alamatnya berbeda ktp saya jakarta ktp pemilik awal tanggerang, jadi bagai mana ?? ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas kalau balik nama, beda Samsat......harus melewati proses "Mutasi".

      Dan kalau proses dari/ke atas nama perusahaan, maaf saya kurang tahu, belum ada pengalaman.

      Delete
  66. Pk Anto sy beli mobil plat B bekasi, dan STNK mobilnya hilang, tapi domisili sy bogor. Buat urus STNK baru sekalian mutasi, apa saya harus cabut berkas dari polres Bekasi dulu baru di urus di polres Bogor sekalian balik nama, atau bisa langsung di polres Bogor untuk ngurus STNK baru dan balik namanya. Prlu ktp pemilik awal ga, dan biayanya kira kira berapa ya pk. Makasih info nya pk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau balik nama beda daerah, wajib Mutasi pak.
      Hanya saja saya belum ada pengalaman kalau STNK nya hilang.

      Ini saya nemu blog orang, balik nama + STNK hilang (tapi masih 1 kota).
      https://fungmen.blogspot.co.id/2015/10/balik-nama-bpkb-dari-stnk-yang-hilang.html

      Dengan contoh diatas, logikanya bisa.....hanya bapak harus tambah 1 proses lagi, yaitu mutasi

      Delete
  67. Stnk saya pernah hilang dan bikin sendiri di samsat serpong tapi saya hampir habis satu juta ..sekarang hilang lagi pas nanya biro jasa malah lbih murah cuma 500 ribu v motor saya hrus d bw k samsatnya emang klu pake biro jasa mortor nya hrs d bw jg..trs ko bikin sendiri malah gede bayarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya gak segitu, kalau jalur resmi ya n gak ada oknum yg bermain.
      proses bikin STNK krn hilang, harus melewati proses cek fisik, jadi motor harus dibawa. Biasanya kalau pakai biro jasa mereka sudah punya blanko untuk cek fisik, jadi tidak perlu motor dibawa.

      Coba diurus sendiri lagi aja, iseng-iseng. Harusnya sekarang Pak Polisi sudah lebih baik & bersih.

      Delete
  68. Bang. Kalo ngurus STNK baru gimana ya step stepnya. Saya baru beli motor tapi hanya BPKB aja. Ngga ada STNK-nya . Niatnya saya mau buat STNK baru tapi belum tau langkah-langkahnya. Dan apakah harus punya KTP sesuai dengan yg ada di BPKB? Saya orang ketiga. Motornya saya beli dari orang kedua. Jadi saya nggatau orang pertama ada dimana. Dan kisaran biayanya berapa ya bang. Motor satria fu 2012

    ReplyDelete
    Replies
    1. step by step nya seperti yang saya tulis diatas ya.
      Kisaran harga untuk biaya terbit-in STNK barunya sekitar 50rb (pada saat saya tulis cerita diatas ya, kurang tahu kalau sekarang)

      Delete