Thursday, July 14, 2016

Liburan Sekolah 2016 - Bandung Trip

Trip kali ini adalah trip dalam rangka mengisi liburan sekolah, kami merencanakan untuk pergi ke Bandung.
Jujur, perjalanan ke Bandung ini membuat saya sedikit khawatir, kenapa :
1. Ini pengalaman pertama anak saya ke Bandung
2. Ini perjalanan ke Bandung saya, setelah 5 tahun tidak pernah ke Bandung
3. Ini perjalanan jauh bagi mobil saya yang sudah tua
4. Dan saya sangat buta tentang Bandung

2 minggu sebelum ke Bandung, saya mulai mencari-cari info tentang Bandung dengan bantuan Mr. Gugel.
Target trip kali ini adalah menjelajahi Bandung Utara (bagian atas Bandung), yaitu sekitaran Lembang dan Dago. Beberapa spot tujuan yang kami kunjungi selama 3 hari 2 malam di Bandung :

Lembang :

2. Kehidupan Tidak Pernah Berakhir Resto

Jalan Sangkuriang :
1. Menginap di Hotel House Sangkuriang
(Biasanya booking via website Hotel House sangkuriang lebih murah, dibanding dengan booking via agoda, traveloka, dll).

Perjalanan saya mulai di hari minggu, pilihan saya cukup tepat....karena perjalanan ke Bandung hanya saya tempuh dalam 2,5 jam saja (alias jalanan lancar jaya).
Karena sampai Bandung di luar jadwal saya, maka saya menyempatkan untuk mampir ke Jalan Cisangkuy (rencana dadakan). Untuk mencapai Jalan Cisangkuy, cukup mudah....hanya melewati jalan layang Pasupati (jalan layang yang sekarang menjadi trademark kota Bandung) sampai habis, lalu belok kanan ke arah Gedung Sate.
Di Jalan Cisangkuy ini saya mencoba Yoghurt Cisangkuy (konon yoghurt ini adalah yang pertama di Bandung).

Lalu saya melanjutkan mampir ke Addictea House, yang letaknya masih satu area dengan Yoghurt Cisangkuy. Disini saya beli untuk dibawa (tidak untuk dinikmati di tempat). Dan kebetulan pada saat saya kesana ada pasar dadakan di sepanjang Jalan Cisangkuy, jadi nya saya mencoba untuk mengelilingi untuk melihat-lihat.

Setelah puas menelusuri Jalan Cisangkuy, saya melanjutkan perjalanan menuju daerah Ciumbuleuit, untuk makan siang di Miss Bee Providore Resto.
Resto ini cukup happening karena punya ambience yang nyaman dan ramah anak. Beberapa arena bermain yang ada, playground anak dan balita, dan kandang kelinci.

Note :
Apabila ingin makan disini, sebaiknya datang lebih awal.
Waktu itu saya kebetulan datang 30 menit lebih awal (11.30 WIB), itu saja saya sudah waiting list untuk tempat yang menjadi tempat pilihan para pengunjung. Akhirnya saya pilih tempat mana saja, karena ingin segera duduk dan makan. Benar saja mendekati jam 12.00, pengunjung mulai berdatangan dan harus waiting list (bukan lagi untuk tempat yang menjadi pilihan, melainkan untuk tempat mana saja). Sampai saya selesai makan (sekitar jam 13.30), masih ada saja yang waiting list.

Setelah makan siang, kami menuju ke Hotel House Sangkuriang yang berada di Jalan Sangkuriang, untuk check in dan istirahat.
Malam nya saya naik ke arah Dago, untuk makan malam di Sierra Resto.
Di resto ini, menurut saya suasanya kurang "mantab", tapi untuk makanannya bisa dibilang ok lah. Terutama pilihan steak nya lumayan banyak dan terjangkau.

Hari ke-2,
Kami akan menjelajahi daerah Lembang seharian, dimulai dengan tujuan pertama, yaitu

Jendela Alam,
Tempat wisata ini adalah wisata edukasi alam yang cocok untuk anak-anak.
Kebetulan anak saya sangat suka dengan kegiatan alam, terutama dengan binatang.
Jadi konsep Jendela Alam ini adalah tempat wisata edukasi yang didalamnya terdapat pengenalan akan alam sekitar kita, seperti binatang, tanaman, dan tentu saja ada playground.
Disini kita bisa memberi makan binatang seperti rusa, kelinci, kambing, sapi, kuda, dll. Kita juga bisa berkebun, disini banyak hamparan tanaman sayur-mayur yang ditanam, seperti wortel, kangkung, dll.

Tujuan berikutnya adalah Dusun Bambu,
Tempat ini lagi menjadi destinasi wisata yang populer (hapening). Menurut saya tempat ini bagus dan layak untuk dicoba.
Bagi yang membawa anak, banyak wahana permainan yang tersedia disini, seperti playground, panahan, ATV, kano, dll.

Yang berikutnya adalah Framhouse,
Tempat ini juga lagi menjadi trend yang wajib dikunjungi. Jujur bagi saya tempat ini tidak ada seru-serunya, tapi bagi yang sangat suka selfie, mungkin tempat ini cocok....karena memang dirancang sangat baik dan bagus.
Untung saja masih ada area bermain anak, seperti pegang iguana, beri makan kelinci, ayam, sapi, dan kambing, yang menjadi hiburan untuk anak saya.

Rupanya 1 hari (jam 09.00 - 18.00) hanya bisa mengunjungi 3 destinasi itu saja. Malamnya kami mencari makan untuk makan malam disekitaran hotel saja, karena sudah cape juga.

Hari ke-3, hari terakhir di Bandung dan balik ke Jakarta.
Setelah check out dari hotel sekitar jam 12.00, kami mencari makan di pusat kota. Kami mencari tempat makan siang yang dekat dengan tempat oleh-oleh Prima Rasa - Pasir Kaliki. Akhirnya kami menemukan tempat makan yang cukup unik, yaitu restoran Vegetarian "Kehidupan Tidak Pernah Berakhir". Letaknya dekat dengan perempatan Istana Plasa.
Yang menarik adalah harganya, SANGAT murah yaitu Rp 8000an untuk nasi + 4 macam sayur.

Setelah makan dan berbelanja oleh-oleh, kami melanjutkan perjalanan pulang ke Jakarta.

Selamat menikmati libur sekolah dan Lebaran.

Selamat Hari Raya Lebaran, Mohon Maaf, Lahir dan Batin.