Monday, July 17, 2017

Main ke RPTRA Intan, Cilandak Jakarta Selatan

Kali ini saya dan anak saya berkunjung ke RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak).


Sekilas membahas tentang program pemerintah Jakarta tentang RPTRA ini.
Menurut saya gagasan ini sangat BAIK, dimana target pemerintah DKI akan membuat minimal 1 RPTRA setiap kelurahan (CMIIW). Saya doa-kan target tersebut tetap bisa berjalan terus dan berhasil mencapai target.
Mudah-mudahan program RPTRA ini juga bisa menular ke daerah tetangga, seperti Depok, Tanggerang, Tanggerang Selatan, Bekasi, Bogor.


Saya rasa, kita semua setuju ya bahwa di JABODETABEK (bahkan di negara kita) ini masih sangat kurang lahan terbuka/taman kota yang bisa dinikmati dan digunakan oleh warga-nya untuk rekreasi, olah-raga, silaturahmi, bersantai, bermain, piknik, tidur-tiduran, berwisata dan bersosialisasi (fungsi Sosial). Jadi tidak cuma hanya untuk anak-anak tapi untuk semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, lansia.
Hayalan saya adalah taman yang kayak kita lihat di film-film luar negeri, dimana semua orang dapat berkumpul di taman tersebut.
Saya juga pernah membaca sebuah artikel, dampak positif/manfaat dari lahan terbuka/taman kota, bisa dilihat dari 2 fungsi, yaitu fungsi Ekologis dan fungsi Sosial. Fungsi Sosial, seperti yang saya utarakan diatas, dan berikut bila dilihat dari sisi Fungsi Ekologis:
     a. Sebagai penjaga kualitas lingkungan kota
     b. Sebagai paru-paru kota, penghasil O2
     c. Sebagai filter udara karena polusi udara
     d. Sebagai penyerapan air
     e. Sebagai penjaga ekosistem lingkungan

Balik ke bahasan semula, yaitu RPTRA Intan.
RPTRA Intan ini, menurut saya adalah salah satu yang paling bagus (dari beberapa kali saya mengunjungi RPTRA).

Lokasi,
Lokasi RPTRA Intan ini, secara kasar adalah tepat dibelakang sekolah Highscope TB Simatupang. Alamat lengkapnya, jl. Intan Ujung no. 19.


Fasilitas,
- Playground anak (perosotan, jungkat-jungkit, dll)
- Kolam ikan
- Modul aquaponik
- Batu refleksi
- Lapangan futsal
- Ruang baca
- Ruang pentas/amphitheatre
- Koperasi/mini market
- Ruang laktasi
- WC
- Aneka permainan (lego, bekel, congklak, rebana, dll)









Harapan saya sebagai masyarakat yang menikmati fasilitas umum yang telah disediakan oleh pemerintah DKI:
1. RPTRA/taman kota semakin banyak (bukan hanya di DKI, tapi juga di BODETABEK)
2. Fasilitas yang ada di RPTRA/taman kota dapat dijaga (baik oleh pemerintah, maupun oleh pengunjung)
3. Fasilitas yang lengkap
4. Semakin banyak perusahaan yang melakukan CSR nya dalam bentuk RPTRA/taman kota (membantu pemerintah dalam membangun RPTRA/taman kota).

Special thanks to:
1. Pemerintah Kota DKI Jakarta
2. Highscope Indonesia
3. IKEA Indonesia
4. LEGO



Selamat mencoba dan menikmati RPTRA/taman kota.

No comments:

Post a Comment