Monday, July 2, 2012

Calo? No Way!!!!!

     Ok kali ini, saya akan membahas sedikit tentang salah satu prinsip hidup saya.

Seperti yang saya tulis di judul, yaitu "Calo? No Way!!!!!"
SEBISA dan SEMAMPU mungkin saya menghindari yang namanya menggunakan jasa calo dalam bentuk apapun dan dalam mengurus segala sesuatu (SIM, STNK, Paspor, dll).
Mungkin terbersit dipikiran teman-teman, bahwa saya adalah orang yang munafik....secara di jaman sekarang, di Jakarta dan di Indonesia pula, bahwa kita tahu peran jasa Calo ini sangat marak dan sangat menjamur.
Bahkan bagi sebagian orang, menggunakan jasa Calo adalah hal yang biasa dan wajar dilakukan.
Pertanyaan besarnya adalah "Kenapa?"



     Saya rasa (menurut pribadi saya), kenapa Calo sangat gampang sekali kita temukan, terutama pada saat kita mengurus surat-surat (apapun itu), terutama yang berhubungan dengan kantor pemerintah.
Kenapa saya bisa bilang seperti itu, karena seperti yang kita telah sering mendengar dan tahu bahwa ada pepatah yang berbunyi seperti ini, "Kalau bisa dibuat susah, kenapa dibuat gampang".
Saya rasa semua (mungkin hampir semua) kepengurusan di kantor pemerintahan, aturan main dan proses yang harus kita lewati terlalu bertele-tele, berbelit-belit dan panjang.
Sehingga membuka yang namanya "kesempatan dalam kesempitan" bagi orang dalam untuk bermain, yaitu membuka "Jalur cepat".

     Contoh, seperti saya yang seorang karyawan biasa dan masih menjadi bawahan orang....cukuplah sulit mencari waktu atau ijin ke perusahaan untuk mengurus-ngurus sesuatu apabila prosesnya memakan waktu yang lama.
Sehingga terkadang tidak ada pilihan bagi kami (termasuk saya), untuk tidak menggunakan jasa Calo ini.
Tapi dalam tulisan ini saya menekankan bahwa, saya sebagai orang yang beragama dan sebagai warga negara Indonesia, mempunyai beban Moral, untuk bertindak jujur (sesuai dengan norma agama dan sesuai dengan semangat Bangsa Indonesia yang sedang menggalakkan program, salah satunya bebas korupsi dan percaloan ini).

     Jadi saya mengajak teman-teman, untuk SEBISA dan SEMAMPU mungkin untuk dapat menjauhi dan tidak menggunakan jasa Calo dalam memproses apapun juga.
Dengan dilatar belakangi oleh SEMANGAT jujur dan ikut berperan aktif dalam program pemerintah dalam memerangi praktek korupsi dan praktek percaloan, salah satu tindakan kecil yang dapat kita lakukan dan mulai terapkan adalah dengan tidak menggunakan Calo dalam memproses apapun juga, sehingga kita maih bisa berharap untuk kemajuan Bangsa Indonesia yang lebih baik, terutama bagi kemakmuran rakyat Indonesia.

Dalam cerita-cerita saya berikutnya, saya akan berbagi cerita pada saat saya harus berurusan dengan kantor pemerintahan dalam mengururus beberapa surat penting dan berusaha tanpa menggunakan Calo.
Tunggu ceritanya :)

    Mari kita mulai melakukan hal kecil ini, demi Indonesia yang lebih baik.


No comments:

Post a Comment