Thursday, May 22, 2014

Perpanjang SIM di Pos Mobil SIM Keliling Cinere

Cerita saya kali ini adalah tentang pengalaman saya hari ini, yaitu Perpanjang SIM C di Pos Mobil SIM Keliling Cinere.

Mungkin sudah banyak sekali yang mengulas proses/tentang perpanjang SIM di Pos Mobil SIM keliling.
Tapi demi mengisi blog saya yang masih minim posting-an, jadi mau tidak mau saya tetap memasukan pengalaman saya ini ke dalam blog saya.
Mudah-mudahan tetap ada beberapa informasi yang tetap bermanfaat atau yang belum pernah dibahas.

Mari kita mulai,


FYI (For Your Info),
Jadwal Pos Mobil SIM keliling untuk wilayah Depok, akan ada di (sumber : Jakarta Kompasiana):
1. Senin   - Dekat lapangan golf Sawangan
2. Selasa  - Lapangan RRI Cimanggis, Jl. Raya Bogor
3. Rabu    - DTC (Depok Trade Center)
4. Kamis   - Cinere Mall
5. Jumat   - Detos (Depok Town Square)
6. Sabtu   - Margocity (pagi jam 9 - 12) dan 
                  ITC Depok (sore jam 4 - 7)
7. Minggu - SPBU Margonda (sebelum Detos)

Karena saya berdomisili di Cinere, maka saya memanfaatkan Pos Mobil keliling yang mangkal di Cinere Mall, setiap hari Kamis.
Kebetulan SIM C saya juga habis tepat hari ini, 22 Mei (cieee...yang ulang tahun), jadi sebagai warga negara yang patuh aturan, saya harus mengurus SIM C saya yang akan habis.

Jadwal Pos Mobil SIM keliling Cinere Mall ini biasa sudah mulai melayani masyarakat mulai jam 08.00, tapi kebetulan hari ini agak terlambat (mungkin macet, biasa Cinere sekarang SUPER macetnya). Sekitar jam 08.15 datang lah si Pos Mobil tersebut, akhirnya setelah 10 menit untuk mempersiapkan tempat pelayanan, maka mulai lah Bapak/Ibu petugas melayani masyarakat.
Dimulai dengan :
1. Mengumpulkan foto copy KTP dan SIM
2. Dibagikan formulir perpanjangan SIM
3. Setelah di isi, dikembalikan
4. Tanda tangan
5. Menunggu panggilan foto
6. Foto
7. Bayar dan jadi deh SIM baru

Waktu yang diperlukan kurang lebih hanya 1 jam, mulai dari isi form sampai SIM jadi.
Cukup cepat dibanding dengan proses manual di Polsek. Jadi bagi yang SUPER sibuk, ijin lah sebentar ke kantor/atasan apabila ingin memperpanjang SIM, jangan menggunakan calo.

FYI, Pos Mobil SIM keliling Cinere Mall,
1. Hanya melayani perpanjangan SIM
2. Biaya perpanjangan SIM C, Rp 150.000
    (Update /Mei 2016, Rp 135.000)
3. Biaya perpanjangan SIM A, Rp 160.000
    (Update /Mei 2016, Rp 140.000)

** Hihihihi, kayaknya yang dulu "kebanyakan"

Memang pasti ada saja yang membuat saya kurang puas, yaitu mengenai biaya yang harus dibayar oleh kita.
Sesuai informasi yang saya dapat dari Facebook-nya Divisi Humas Mabes Polri, edisi 18 Feb 2013 :
1. Biaya perpanjangan SIM C, Rp 75.000
2. Biaya perpanjangan SIM A, Rp 80.000

Mengenai biaya yang tidak sesuai ini, saya hanya bisa berharap dan berdoa, agar ada perbaikan di dalam instansi POLRI. Kiranya sebagai badan yang mempunyai Visi dan Misi yang begitu mulia, bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Dan dari sisi kita (masyarakat) kiranya juga bisa mendukung POLRI kita ini, misalnya dengan tidak menggunakan calo, tidak melegalkan pungli. Jadi dengan begitu kita sebagai Bangsa Indonesia, bisa menjadi Bangsa yang lebih maju dalam segala hal.

Hidup Indonesia.

Tips-nya kali ini adalah :
1. Siapkan foto kopi KTP (kalau perlu SIM nya juga)
2. Siapkan uang yang cukup
3. Bawa alat tulis (pulpen)
4. Menggunakan baju berkerah
5. Datang lebih cepat (kalau ingin duluan selesai)

Salam

2 comments:

  1. hohohoho ... met ulang tahun Anto ... ^_^ harga segitu tuh, ya sama aja bayar 'calo' .. tapi calonya orang dalem, karena pake mobil sim .. xixixixii ... Gue terakhir mutasi sim, di daan mogot ... Jauh bin panas ...

    ReplyDelete
  2. Hahaha, terima kasih bu....
    Tepat nya bukan "calo", tapi "oknum"....karena kalau calo kedua belah pihak setuju untuk saling sepakat di depan.
    Kalo ini mah kan kita sudah ngikutin sesuai prosedur (tidak ada transaksi di depan).....
    piye iki? :(

    ReplyDelete