Tuesday, January 9, 2018

Main ke RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara

Akhirnya nge-blog lagi setelah sekian lama tidak nulis cerita-cerita. Soalnya emang gak pergi kemana-mana juga, jadi gak ada yang bisa diceritain, hehehehe.

Kali ini saya mau cerita, acara jalan-jalan saya kemarin dalam rangka mengisi liburan anak sekolah.
Saya kemarin ke RPTRA Kalijodo (setelah sekan lama, baru kesempatan kali ini mengunjungi RPTRA ini). Tapi sebelum ke situ, saya mampir dahulu ke Perpustakaan Nasional RI (yang lagi lumayan happening).

OK, kita mulai saja ya.
Jadi acara jalan-jalan saya kali ini menggunakan moda transportasi Transjakarta (busway), karena saya tinggal di Selatan maka terminal Transjakarta terdekat adalah Terminal Lebak Bulus.

Saya menggunakan Transjakarta koridor 8 (kalau tidak salah) yang jururan ke Harmoni. Dari Harmoni dilanjutkan kembali yang ke arah Balai Kota. Turun tepat di halte Balai Kota.

Sampailah ke tujuan pertama saya, yaitu Perpustakaan Nasional RI.

Fyi,
Perpustakaan Nasional RI ini baru saja (belum lama lah) diresmikan, dan konon katanya adalah perpustakaan terbesar di Asia (cmiiw ya).
Letak Perpustakaan Nasional ini tepat di seberang halte Balai Kota, atau mungkin orang lebih awam dengan Jl. Medan Merdeka Selatan, tepat di seberang Monas.

Pertama kali masuk, memang terasa mewah dan besar sekali, coba saja lihat ke bagian informasi. Disana akan terlihat informasi untuk setiap lantai-lantai nya (seinget saya ada sekitar 21 lantai).
Naah karna saya kesini bersama dengan anak saya, maka tujuan saya tentu ke bagian perpustakaan anak, adanya di lantai 7.
Dan karena waktu saya terbatas, maka saya tidak mencoba ke lantai-lantai lainnya. Tapi saya sempat melihat lantai 8, lantai untuk multimedia, di tempat ini kita bisa menonton film, mulai dari film dokumenter sampai film modern.

Sekitar jam 14.00, saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke RPTRA Kalijodo.
Perjalanan kembali dilanjutkan dengan moda transportasi Transjakarta. Kali ini saya menumpang Bus Wisata Transjakarta. Yang menyediakan rute ke RPTRA Kalijodo, perlu diketahui Bus Wisata Transjakarta ini Gratis ya.

Tiba sampai ditujuan RPTRA Kalijodo, anak saya langsung mencoba playground yang tersedia disana.
Tidak banyak yang bisa dilakukan disini bila anda tidak membawa apa-apa, kecuali anda membawa sepeda, skateboard, inline skate, dll.
Karena disini tersedia beberapa fasilitas seperti :
1. Skateboard & inline skate park
2. Lintasan sepeda
3. Playground anak

Ada beberapa komentar saya mengenai kunjungan saya ke kedua tempat ini :

Perpustakaan Nasional RI :
1. Kalau untuk perpustakaan anak, menurut saya masih lebih OK Perpustakaan DKI yang di TIM. Bisa dilihat dan dibaca di blog saya tentang Perpustakaan DKI ini.

2. Lift yang kurang memadai untuk gedung setinggi itu.
Kebetulan saya kesana pada waktu pengunjung sangat banyak (musim liburan sekolah), jadi sangat sulit mendapatkan lift.

RPTRA Kalijodo :
1. Menurut saya kurang terawat.
Ini subjektif, karena saya belum pernah kesana sebelumnya.
2. Sarana bermain kurang, khusus untuk anak-anak kecil.
Memang sudah ada playground, cuma menurut saya masih kurang.
3. Mungkin bisa juga disediakan sarana penunjang kegiatannya, seperti skateboard, inline skate, dan sepeda.
4. Akses ke RPTRA Kalijodo, sangat terbatas.
Tidak banyak jalur bis Transjakarta yang lewat RPTRA Kalijodo (pengalaman saya kemarin hanya ada 2 rute).

Itu saja cerita saya kali ini, terima kasih.