Monday, July 18, 2016

Satu Hari Jalan-Jalan ke Bogor

Masih dalam rangka mengisi waktu liburan anak sekolah.
Kali ini kami merencakan jalan-jalan ke Bogor, menggunakan KRL/Commuterline.
Alasan mengapa jalan-jalan ke Bogor :
1. Tidak jauh dari Jakarta
2. Bisa ditempuh menggunakan KRL/Commuterline
Jadi dari sisi suasana liburan luar kotanya dapet karena ke Bogor, dan transportasinya murah-meriah karena pakai KRL (hanya Rp 3500).



Baik, rencana jalan-jalan saya kali ini adalah ke :
2. Main bersama rusa di Halaman Istana Bogor
4. Museum Zoologi KBR
5. Vihara Dhanagun/Klenteng Hok Tek Bio
6. Asinan "asli Bogor"

Ke-6 tujuan diatas, dapat dicapai dengan mudah....bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki, karena tidak terlalu (lumayan) jauh dari Stasiun Bogor.
Seperti saya waktu itu, untuk perginya....saya berjalan kaki untuk mencapai semua tujuan tersebut, pulang nya saya menggunakan angkot (1 kali) dari KBR ke Stasiun Bogor.

Taman Bermain Ade Irma Suryani/Taman Topi,


Lokasinya sangat mudah ditemukan dan dekat sekali, karena tepat bersebelahan dengan Stasiun Bogor.
Dari pintu keluar Stasiun Bogor, jalan ke arah kiri stasiun...kita akan melihat (patokan) patung Kapten Muslihat (Plaza Kapten Muslihat). Masuk aja ke arah dalam, untuk menikmati berkeliling taman Topi itu sendiri tidak ada tiket masuk, jadi taman Topi ini adalah taman yang didalamnya terdapat banyak rumah-rumah kecil yang atapnya dibuat menyerupai topi, dan digunakan untuk berjualan bebagai macam barang.
Didalam area Taman Topi, di salah satu bangunan berbentuk topi itu juga terdapat Tourist Information Center (TIC), dimana kita bisa bertanya-tanya tempat-tempat wisata di sekitar Bogor.
Untuk menikmati Taman bermain ade Irma Suryani itu sendiri ada tiket masuknya, kurang lebih Rp 10.000 /orang.
Dan untuk menikmati arena permainan didalamnya kita harus membeli tiket kembali, rata-rata Rp 10.000 /permainan.
Beberapa permainan yang ada :
1. Bom-bom car
2. Monorail
3. Gajah terbang
4. Komidi putar
5. Perahu
6. dll
Ada 1 lagi wahana baru disini, yaitu wahana bermain air (kalau tidak salah hanya buka Sabtu/Minggu).


Memberi makan rusa Istana Bogor, 





Seperti kita ketahui di halaman Istana Bogor terdapat banyak sekali rusa yang dibiarkan bebas, sehingga kita bisa memberi makan dari pinggir pagar istana, seperti dikebun binatang. Tinggal beli wortel/bawa wortel dari rumah kita bisa memberi makan rusa yang ada.
Lokasi Istana Bogor kalau dari arah Stasiun Bogor, tinggal melanjutkan perjalanan dari Taman Topi ke arah KBR, tepat di "tusuk sate" jalan Kapten Muslihat.


Kebun Raya Bogor,



Selesai puas memberi makan rusa, kami melanjutkan perjalanan ke KBR. Berjalan mengikuti pagar istana dan KBR, saya menuju ke pintu satu/utama KBR.
Nah perjalanan dari "kasih makan rusa" ke pintu utama KBR (arah pasar Bogor), lumayan jauh bila ditempuh dengan berjalan kaki. Tapi saya memilih berjalan kaki, karena apabila menggunakan angkot....kita harus berputar terlebih dahulu mengelilingi KBR, karena jalanan 1 arah.
HTM KBR adalah Rp 15.000 /orang, sudah termasuk tket masuk ke Museum Zoologi. Untuk berkeliling KBR saya menggunakan mobil wisata KBR (dikenakan tarif Rp 15.000 /orang).


Museum Zoologi KBR,





Selesai berkeliling KBR menggunakan mobil wisata, saya melanjutkan ke Museum Zoologi (letaknya disebelah kiri dari pintu masuk utama KBR).


Vihara Dhanagun/Klenteng Hok Tek Bio,




Selesai dari KBR, dalam perjalanan pulang, saya menyempatkan diri mengunjungi Vihara Dhanagun/Klenteng Hok Tek Bio. Letak Vihara ini tepat diseberang pintu masuk utama KBR.
Akhirnya saya bisa juga masuk dan melihat-lihat Vihara/Klenteng.


Asinan "Asli Bogor"


Setelah dari Vihara, jalan sedikit ke arah Bogor Trade Mall (BTM), disisi sebelah kiri ada penjual asinan yang konon ini adalah asinan pertama di Bogor, itu sebabnya nama asinan tersebut asinan "Asli Bogor".

Sedikit tentang asinan Bogor, ada beberapa toko asinan yang terkenal. Berikut beberapa asinan yang cukup terkenal di Bogor dan sudah saya coba :
1. Asinan Bogor Gedung Dalam
    Letaknya di jalan Surya Kencana, disebelah Roti Unyil
2. Asinan Ny. Yenny
    Letaknya di jalan Bina Marga, tepat disebelah jalan toll
3. Asinan "Asli Bogor"
    Letaknya didepan pintu utama KBR 
Kalau saya, yang paling sesuai selera adalah asinan Bogor Gedung Dalam.

Berakhirlah perjalanan singkat saya di Bogor, dengan menggunakan angkot yang ada tepat di depan toko asinan/BTM, saya balik menuju ke Stasiun Bogor.
 



No comments:

Post a Comment