Tuesday, January 3, 2017

Jalan-jalan ke Ecopark Ancol

Setelah sekian lama tidak menulis di blog, karena memang tidak ada bahan....akhirnya gara-gara liburan akhir tahun, ada cerita juga yang bisa dituangkan lewat tulisan di blog.

Liburan akhir tahun kali ini, saya tidak ada rencana liburan ke luar kota. Jadilah saya merencanakan jalan-jalan untuk mengisi waktu liburan untuk anak hanya di sekitaran Jakarta saja, dan salah satu nya adalah ke Ecopark - Ancol. 


Mari kita mulai cerita saya tentang jalan-jalan saya ke Ecopark - Ancol


Bagi yang belum tahu Ecopark, Ecopark adalah salah satu area edutainment yang dikembangkan oleh manajemen Ancol dan berada di dalam komplek wisata Ancol.
Kalau dilihat di website resmi Ancol, didalam Ecopark terdapat berbagai kegiatan dan fasilitas wisata, seperti :
  • Fauna land, ini seperti mini zoo.
  • Learning farm, disini kita bisa belajar bercocok tanam, rumah lebah, dan panen dll
  • Paintball
  • Kano
  • Ecomarket, pasar versi Ecopark
  • Sewa sepeda, golf car, atv, dll

Kebetulan waktu kami datang tidak semua fasilitas dapat kami nikmati, karena kami datang pada saat hari biasa/weekday. Seperti area Learning farm yang tidak dapat kami nikmati, padahal untuk anak-anak ini sangat cocok.
Apabila ingin ke Learning farm, bisa lebih diperhatikan untuk waktu-waktu nya. Dan biaya nya adalah Rp 50.000,- /orang.





Akhirnya kami ke Fauna land.
Disini lebih seperti mini zoo, ada beberapa hewan koleksi yang ditawarkan oleh Fauna land seperti :













Biaya masuk ke Fauna land adalah Rp 50.000,- /orang, sudah termasuk bird show.
Untuk bird show nya sendiri sebaiknya ditanyakan ke petugas untuk waktu-waktu show nya. Karena waktu saya ke sana (hari biasa), waktu pertunjukannya nya sekitar jam 15.00, dan itu adalah pertunjukan ke-2.


Oiya, sebagai info saja.
Saya ke Ancol menggunakan KRL atau yang lebih dikenal sebagai commuter line saat ini.
Jadi apabila ingin ke ancol menggunakan KRL, harus transit terlebih dahulu di stasiun Kota, dan lanjut sampai ke stasiun Ancol, menggunakan KRL jurusan Kota-Tanjung Priok.
Yang harus diperhatikan adalah jadwal keberangkatan pulang/pergi KRL yang ke Ancol. Keberangkatan dari stasiun Kota (kalau dilihat dari website resmi KRL) adalah tiap jam. Dan jadwal KRL balik ke stasiun Kota dari stasiun Ancol (waktu saya kesana) KRL terakhir dari stasiun Ancol adalah jam 18.00.
Dan yang agak menjadi PR adalah dari stasiun Ancol ke pintu masuk Ancol, kata petugas bisa ditempuh dengan berjalan kaki (tidak terlalu jauh), tapi karena saya pergi bersama anak balita saya, maka saya memutuskan menggunakan/naik angkot sampai pintu utama Ancol.
Sebenarnya pintu masuk terdekat dari stasiun Ancol ke Ancol adalah pintu Timur (yang katanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki).
Biaya masuk ancol adalah Rp 25.000,- /orang, dan untuk berkeliling di area Ancol dapat menggunakan bis wara-wiri (gratis) yang telah disiapkan oleh Ancol.

Terakhir setelah puas berkeliling Ecopark, dalam perjalanan ke arah pintu keluar Timur Ancol, saya menyempatkan mampir ke Pantai Carnaval (yang ada Ancol Beach City Mall) untuk bermain pasir pantai sejenak.



Rupanya waktu telah menunjukan waktu 17.30, segera saya bergegas menyudahi wisata di Ancol dan menuju ke stasiun Ancol, secara saya harus ngejar KRL di stasiun Ancol jam 18.00 (karena kereta terakhir).

Akhir kata saya harus mengucapkan BANYAK TERIMA KASIH kepada mas penjual Aki (yang saya tidak tahu namanya) yang bersedia dan berbaik hati mengantarkan/memberi tumpangan ke saya sampai stasiun Ancol.
Tanpa mas ini, (dapat dipastikan) saya sudah ketinggalan kereta.

Selamat berwisata ke Ecopark - Ancol.

No comments:

Post a Comment