Friday, January 6, 2017

Memaknai peran seorang Dokter - Aku Dokter Cilik RS. Omni

Masih cerita seputar mengisi liburan akhir tahun 2016.

Cerita kali ini adalah sekaligus bentuk rasa terima kasih dan syukur saya kepada Rumah Sakit Omni, khusus nya Omni Alam Sutera. Mengapa?

Fyi, Rumah Sakit Omni Alam Sutera mempunyai program sosial (alias CSR, bisa disebut seperti itu kali ya) "Aku Dokter Cilik".
Sebenernya apa dan ngapain seh program "Aku Dokter Cilik" dari RS Omni Alam Sutera ini?


Mari kita mulai cerita tentang program "Aku Dokter Cilik" dari RS Omni Alam Sutera.


Jadi ceritanya waktu gugling-gugling mencari kegiatan libur semesteran (kurang lebih bulan September-Oktober) untuk anak, saya menemukan program "Aku Dokter Cilik" dari RS Omni Alam Sutera ini.
Cari punya cari, rupanya infonya sangat minim sekali, tapi akhirnya saya mendapatkan infonya dari akun instagram "Aku Dokter Cilik" RS Omni Alam Sutera ini.

Setelah mendapatkan nomor kontaknya, perjuangan masih terus berlanjut. Rupanya sulit sekali dihubungi (sibuk & tidak diangkat). Akhirnya saya memutuskan untuk sms, waktu itu saya menanyakan untuk jadwal nya dan minat saya untuk mendaftarkan anak saya......ketika menunggu beberapa jam, akhirnya sms saya dibalas. Cukup mengagetkan membaca balasan sms-nya, rupanya untuk 3 bulan kedepan jadwal sudah penuh. Dalam hati, ampuuuunnn.
Hal tersebut sangat wajar, kenapa?
Karena program "Aku Dokter Cilik" ini tidak memungut biaya apapun, alias GRATIS.

Saat itu saya merasa putus asa, untuk bisa mengikut sertakan anak saya dalam program "Aku Dokter Cilik" ini. Tapi rasa penasaran kembali muncul ketika saya harus berkutat dengan kegiatan apa untuk mengisi liburan akhir tahun 2016. Secara saya juga akan berencana mengambil cuti tahunan.
Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba telpon (lagi), kembali pengalaman itu terjadi, tidak diangkat dan sibuk. Cara kedua pun saya tempuh, yaitu sms. Hal mengagetkan kembali saya alami, rupanya slot untuk 1 anak masih ada (sebenernya masih ada 3 slot seh) untuk tanggal 30 Desember 2016.....tanpa panjang pikir saya langsung mendaftarkan untuk anak saya.

Saya dan istri begitu antusias menunggu hari H datang, dirumah kami sempat beberapa kali membahas tentang program ini, jujur kami cukup meremehkan program ini, secara program ini tidak memungut biaya/gratis. Jadi kami berkesimpulan jangan berharap terlalu banyak tentang program ini.
Hari H pun tiba, anak saya pun dengan mudah dibangunkan pagi-pagi untuk bersiap-siap (wajar aja kami harus agak pagi mempersiapkan diri, karena lokasi rumah kami yang cukup jauh dari Alam Sutera, yaitu di Depok). Kebetulan anak saya sangat bersemangat ketika kami menceritakan tentang program "Aku Dokter Cilik" ini. Saya rasa program ini sangat cocok bagi anak-anak dan anak-anak pun pasti akan senang ikut program ini.
Kami tiba di RS Omni sekitar jam 09.30, 30 menit sebelum program dimulai. Masuk ke area klinik anak (karena area "Aku Dokter Cilik" berada di area klinik anak), dan registrasi ulang. 


Tepat jam 10.00, acara dimulai.
Rupanya ada 4 pintu/kamar yang akan dijelajahi (masing-masing kamar kurang lebih 30 menit). Masing-masing kamar memiliki temanya masing-masing, seperti :

1. Ruang Operasi



2. Ruang bayi/melahirkan


3. Ruang meracik obat/apoteker



4. Ruang periksa pasien


Diakhir sesi program, setiap anak akan mendapat kesempatan menggunakan baju dokter dan mendapat sertifikat, dan berfoto bersama.


Akhir kata,
Program ini SANGAT BAGUS, saya sangat meng-APRESIASI Rumah Sakit Omni Alam Sutera, karena sudah membuat program "Aku Dokter Cilik" ini.
Menurut saya, program seperti ini sangat baik bagi dan untuk merangsang pengertian anak-anak akan peran penting dokter dan sekaligus fungsi rumah sakit bagi kelangsungan hidup manusia.
Sehingga diharapkan semakin banyak anak yang dimasa depannya menjadi dokter dan memiliki rumah sakit, yang sekaligus bisa membawa masyarakat Indonesia yang lebih sehat.

Semoga kedepannya banyak rumah sakit lain, juga memiliki program seperti ini.

Terima kasih Rumah Sakit Omni Alam Sutera.

  

No comments:

Post a Comment