Tuesday, July 8, 2014

Bogor Trip, Cibalung Happy Land

Akhirnya ada bahan untuk menulis lagi....
Kali ini trip bersama keluarga kecil saya, hari minggu kemarin, tapatnya tanggal 6 Juli 2014, kami berlibur ke Cibalung Happy Land dan Warso Farm, di Bogor.

Mari kita mulai cerita trip saya kali ini,
Mungkin saja bisa menjadi referensi berlibur bersama keluarga.

     Tepatnya trip kali ini cukup dadakan, karena sampai hari Jumatnya saya menawarkan untuk trip ke Kuntum Farmfield, yang berada di bogor juga.
Tapi rencana berubah pada hari Sabtu nya, karena anak saya menginginkan untuk berenang.
Jadi rencana ke Kuntum Farmfield tidak mungkin, karena memang tidak ada kolam renang.
Untungnya saya mempunyai plan B, yaitu ke Cibalung Happy Land yang memang memiliki wahana kolam renang nya.
Memang masih ada keraguan saya untuk ke Cibalung Happy Land ini, karena kalau dicari di mr. Google, sedikit sekali referensi nya.
Akhirnya, istri menyetujui untuk pergi mencoba ke Cibalung Happy Land.


     Sedikit informasi tentang Cibalung Happy Land, bisa dilihat disini.
Sebenernya kalau dilihat dari website nya, tempat ini cukup menarik, selain wahana yang ditawarkan cukup lengkap (ada water park, outbound, agrowisata, penginapan, playground, ATV, rafting, dll) dan harga yang ditawarkan bisa dibilang cukup terjangkau.
Lokasi juga tidak terlalu jauh, berada di Cihideung-Bogor, bahkan sebagai patokan adalah dekat dengan Warso Farm.
Mungkin kita lebih mengenal Warso Farm, yang telah lebih dulu terkenal/didengar. Warso Farm akan saya bahas diulasan saya yang berikutnya.

     Jadi untuk mencari informasi tentang rute bagaimana ke Cibalung Happy Land ini, cukup berpatokan pada Warso Farm ini.
Berikut gambaran kasar rute nya, apabila menggunakan mobil, keluar tol Bogor (ex Terminal Baranangsiang) - belok ke kiri (ke arah Tajur) - sampai di lampu merah Ekalosari ambil ke kanan - ke arah Jl. Siliwangi - belok kiri ke Jl. Lawang Gintung (Hotel Gumati) - Lewatin Stasiun Batu Tulis - lalu ambil kanan ke arah Jl. Cihideung - ikutin jalan saja - 1 meter sebelum Warso Farm ada belokan ke kiri (ada petunjuk arah Cibalung Happy Land) dan patokan lainnya biasa disebut terminal Cihideung* (banyak angkot dan ojek ngetem).
Dari situ tinggal ngikutin penunjuk arah.

Note tambahan * :
Menurut saya itu bukan "terminal" karena itu cuma tempat mangkal beberapa angkot dan ojek saja, jadi jangan dibayangkan "terminal" yang sesungguhnya.

Nah, dijalan kecil ini lah adrenalin mulai terpicu, karena memang jalan yang kecil (2 mobil pas banget), dan sebelah jalan adalah jurang.
Bahkan ada 1 bagian jalan yang hanya benar-benar muat 1 mobil, dikarenakan bahu jalan yang ke sisi jurang longsor, sampai-sampai dipasang turap bambu agar tidak tambah longsor.

     Memasuki areal Cibalung Happy Land, mulai timbul perasaan yang kurang menyakinkan. Karena pintu masuk yang relatif kecil, dan kurang menarik.
Padahal kalau dilihat di website nya, areal nya mencapai 8 hektar.


Tapi perasaan saya rupanya salah, dan terbayarkan setelah sampai areal parkir mobil, memang menghampar lahan yang cukup luas, tapi saya masih penasran....karena belum terlihat water park nya yang seharusnya memiliki seluncuran/perosotan yang terbilang tinggi, sehingga terlihat dari kejauhan.
Rupanya memang kita harus dipaksa melewati hampir seluruh bagian areal permainan (villa, camping gorund, out bound, flying fox, kolam ikan, ATV, kolam gebuk bantal, dll), karena areal water park ini letak nya di paling belakang areal Cibalung Happy Land ini.









Menurut saya (saran dan tips),

Apabila ingin kesini (selain water park), sebaiknya telepon terlebih dahulu dan memastikan bahwa wahana (out bound, flying fox, ATV, dll) tersebut dapat digunakan/dimainkan.
Karena waktu saya kesana, semua wahana tersebut tidak aktif, alias tidak bisa dimainkan.

Tempat ini rekomen banget untuk liburan keluarga, water park nya OK banget....terutama untuk anak kecil ya, karena semua kolam disini kedalamannya kids friendly banget (dibawah 1,5 meter). Jadi jangan harap mencari kolam renang untuk dewasa, karena tidak ada kolam ukuran olympic.
Ditambah suasana alam yang tidak akan bisa didapatkan di kota Jakarta, bahkan suasana yang beda sudah mulai bisa dirasakan setelah keluar dari kota Bogor nya.

Untuk jarak tempuh, menurut saya masih tidak terlalu jauh. Tidak sampai 1 jam dari kota Bogor untuk mencapai Cibalung Happy Land ini.

Untuk urusan makanan (misalnya utnuk makan siang),
Sebelum kesana pastikan terlebih dahulu apakah restoran disana buka atau tutup (karena waktu saya kesana, resto nya tutup).
Jadi alangkah baiknya beli makanan terlebih dahulu sebelum kesini.



Selamat mencoba,


4 comments:

  1. Kayaknya seru tempatnya..ga jauh lagi dari jakarta..camping groundnya luas n kids friendly ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu saya kesana kebetulan lagi sepi, jadi tenda yang ada paling hanya 3 buah.
      Area nya cukup luas n kids friendly.
      Saran saya, sebaiknya konfirmasi terlebih dahulu sebelum datang....karena waktu saya datang banyak arena bermain yang tidak beroperasi.

      Delete
  2. Om mau tanya untuk akses jalan ke hapyland cibalung menggunakan bigbus gimana yah? Kan ases jalan sempit, kalo bigbus itu kira kira parkir dimana dan lanjut untuk sampi lokasi tujuan itu dilanjutin naik kendaraan apa? Agkutan umumkah atau apa? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu saya kesana (Juli 2014), akses jalan menuju kedalam sempit sekali.
      Bahkan untuk 2 mobil papasan saja, mepet sekali.

      Mungkin ada baiknya didiskusikan saja ke pihak Happyland, minta disediakan tempat parkir bisa, dan kendaraan shuttle untuk antar-jemput ke lokasi.

      Delete