Wednesday, January 7, 2015

Bermain di Playparq-Bintaro

Cerita saya kali ini adalah tentang bermain di Playparq-Bintaro, dalam rangka liburan sekolah mengajak anak berekreasi.


Sebenarnya rencana ke Playparq tidak termasuk dalam list yang saya sudah buat dan rencanakan dlam mengisi waktu liburan sekolah anak saya.


Waktu itu list nya adalah ingin mengunjungi waterpark untuk berenang, dan ke playground area untuk bermain, tapi kebetulan area-area tujuan tersebut agak teralalu jauh dari tempat tinggal saya yang di Cinere.
Tidak sengaja, waktu berselancar di internet ketemu tempat bermain bernama Playparq ini. Konsep Playparq ini adalah tempat bermain/playground, tapi cukup lengkap dari area main indoor-outdoor, kering-basah. Dan kebetulan Playparq ini memiliki 2 cabang, yaitu di daerah Bintaro (sektor 1) dan Kemang.
Untuk keterangan lebih lengkap bisa melihat dan menghubungi Playparq langsung.

Akhirnya setelah berdiskusi dengan istri, rencana ke Playparq-Bintaro pun diputuskan dengan beberapa pertimbangan :
1. Tidak terlalu jauh dari Cinere.
2. Tujuan tercapai (playground dan main basah2an dalam 1 arena).
3. Tidak terlalu mahal (worth banget karena bisa main seharian).

Tentang Playparq-Bintaro,
Lokasi,
Letak lokasi yang masih cukup "didepan", tepatnya adalah di Bintaro sektor 1 (jadi tidak terlalu jauh kedalam), patokannya adalah perempatan besar (Burger blenger sebelah kiri) setelah Plasa Bintaro Satoe/Superindo, belok kiri (yang ke arah jalan alternatif, jalan Cempaka). Atau bisa dari jalan Cempaka, jalan alternatif menuju Bintaro dari Jl. Veteran.

Konsep nya, 
Playground/tempat bermain dengan berbagai area (indoor, outdoor, main air/basah-basahan).



Harga tiket masuk, 
Rp 60.000 (weekdays), Rp 90.000 (weekend/holiday), Rp 30.000 (Tuesday/Selasa), Rp 10.000 (untuk pendamping ke-2 dan seterusnya, pendamping 1 gratis).

Jam operasional,
Senin-Minggu (10.00 - 18.00), kecuali Selasa (14.00 - 18.00).

Tempat tunggu & Restoran,
Nyaman sekali, kita (orang tua) bisa duduk-duduk (sofa dan ber-AC) diarea restoran sambil memesan makanan dan minuman (peraturannya adalah tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar).

Menurut saya Playparq ini patut dicoba, selain harga yang masuk akal juga memiliki konsep tentang area bermain yang lengkap, aman, dan nyaman.



Tentang harga yang worth,
Dengan harga Rp 60.000 (weekdays), anak bisa main sepuasnya/seharian (jam 10.00 - 18.00, asal anaknya kuat bermain dan orang tuanya kuat menunggu).
Bahkan kalau mau agak hemat bisa datang di hari Selasa, karena jam operasional yang setengah hari (14.00 - 18.00), tiket masuk nya hanya Rp 30.000 dengan fasilitas yang sama dengan harga normal.

Tentang area bermain yang lengkap dan aman,
Lengkap karena ada area bermain indoor dan outdoor, ada playground indoor, ada playground outdoor, ada tempat bermain air/basah-basahannya, ada playground untuk baby-toddler-kid nya, ada flying fox yang di design khusus, ada mini wall climbing, ada mainan coin yang kayak di mall-mall, ada bungee trampolin (tapi pada saat saya kesana tidak beroperasi), dll.
Aman karena, seluruh area bermain dibuat se-aman mungkin, seperti dilapisi busa dan semacamnya.

Tentang nyaman,
Ini lebih untuk ke kita, orang tua dan pendamping yang menemani selama anak bermain. Kita bisa menunggu di area restoran (ber-AC), kita bisa memesan dan menikmati makanan dan minuman di sofa yang dibuat cukup besar (karena konsep keuarga dan rame-rame kali ya).

Ceritanya waktu saya kesana, saya memilih hari Senin/weekdays (karena lebih murah) tapi tidak memilih hari Selasa (walau lebih murah lagi, tapi jam operasional lebih singkat).
Karena dengan pertimbangan anak saya bisa bermain sepuasnya (1 harian penuh kalau dia dan saya kuat).
Saya sengaja berangkat lebih pagi dari rumah, dengan alasan agar terhindar dari macet (tahu dong Cinere macetnya kayak apa), dan datang di Playparq bisa dari jam 10.00 (dengan pertimbangan datang lebih pagi agar tidak/belum ramai pengunjung, mengingat saat itu adalah musim liburan anak sekolah).
Saya sampai di pintu gerbang Playparq jam 09.45, masih harus menunggu 15 menit sampai Playparq buka (jam 10.00). Setelah pintu masuk dibuka, kami beli tiket masuk sebesar Rp 70.000,- (tambahan pendamping 1 orang dengan total 3 orang, anak-saya-istri). Memilih tempat untuk duduk di area restoran dan langsung menyiapkan anak untuk berganti baju renang, karena kebetulan dia lebih memilih untuk main air terlebih dulu.
Singkat cerita, kami selesai jam 16.00.....bayangkan dengan uang Rp 70.000,- anak bisa bermain puas (6 jam), itu saja kami yang menyudahkan anak untuk bermain (mungkin kalau kita tidak menyudahkan bisa-bisa sampai tutup jam 18.00).





Masukan apabila ingin mencoba bermain di Playparq-Bintaro :
1. Apabila ingin hemat dan memang hanya ingin bermain sebentar, bisa dilakukan pada hari Selasa, HTM hanya Rp 30.000,- (jam 14.00 - 18.00).
2. Untuk anak yang bermain sebaiknya/harus sarapan, makan siang bisa beli di lokasi.
3. Untuk pendamping, apabila ingin makanan yang lebih berfariasi bisa keluar, karena lokasi cukup dekat dengan Superindo/Plasa Bintaro Satoe, Burger blenger, etc.
4. Bawa minum yang banyak (walaupun bisa beli dilokasi, tapi pasti lebih mahal).
5. Bawa pakaian renang/minimal bawa baju ganti yang banyak. Karena anak saya saja sampai 3 kali balik ke area bermain air.
6. Bawa sun block, topi, etc.
7. Lebih enak ramai-ramai, karena lebih enak bermain bersama teman-teman.

Silahkan mencoba

12 comments:

  1. Thx ya... nice info bangeeet nih...
    Sering lewat tapi blom pernah mampir, weekend ini dicoba deh, happy funnie...

    ReplyDelete
  2. Thank u infonya lagi cari di google eh mampir ke sini. Salam kenal ;)

    ReplyDelete
  3. Tx infonya mas Anto..must try...hi hi hi

    ReplyDelete
  4. boleh bawa makanan dan minuman dari luar gk gan ?
    yang saya baca di artikel ente, gk boleh bawa, tapi disarankan bawa minuman yang bnyk dari luar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minuman dengan menggunakan botol minum pribadi, tentunya diperbolehkan.

      Delete
  5. kalo buat remaja 17an tahun gitu boleh ga ya? termasuknya ke harga yang mana? harus bawa anak kecil jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, baru ngeh juga untuk batasan umurnya gak jelas.
      Saya coba lihat di websitte resminya juga gak ada batasan umur.
      Mending coba telpon langsung ke playparq nya, nomor bisa lihat di website resmi nya.
      http://playparq.com/Default-form.html

      Delete
  6. boleh anak bermain sambil kita kasih makan alias disuapin?

    ReplyDelete