Wednesday, March 5, 2014

Tips Cara Membuat "Tab/Menu Bar" pada Blogger/Blogspot

Kali ini saya akan membagi sedikit tips tentang, 
Bagaimana cara membuat "Tab/Menu bar" pada blogger/blogspot.

Menyimpang sedikit dari topik,
Sebagai pengguna blogger/blogspot, sebagai sarana mencurahkan isi hati saya (http://anto-cihui.blogspot.com/), kurang lebih baru sekitar satu minggu yang lalu, saya berhasil menemukan tutorial tentang hal ini.

Baik, kembali ke topik.
Sebelumnya menjelaskan lebih jauh, pertama....sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan "Tab/Menu bar" ini pada blogger/blogspot?
Berikut contoh nya :






Bisa dilihat pada tampilan blog saya (http://anto-cihui.blogspot.com/) di atas, yang dilingkari merah itu adalah Tab/Menu bar.
Tab/Menu bar ini berfungsi sebagai tempat untuk memisahkan post-post kita kedalam masing-masing kelompok Tab/Menu bar yang sesuai dengan tema nya.
Degan Tab/Menu bar ini, maka pembaca akan dengan mudah menemukan post/artikel di dalam blog kita sesuai dengan tema yang diinginkan.

Baik, berikut tahapan-tahapan nya :



1. Pemberian "Label" pada setiap post/artikel anda,                                                  Pastikan setiap anda mem-posting artikel, pastikan "label" pada post anda di isi.   
          

    Note : Sebenarnya penamaan pada "label" tidak harus
              sama dengan penamaan pada "Tab/Menu bar"
              yang kita buat.
              Hanya saja berfungsi untuk mempermudah kita
              dalam mengelompokannya.

2. Bikin "Tab/Menu bar",
     Ada nya di Layout --> Pages --> Edit --> tampilan baru Configure Page List            --> +Add link page.
     
     



3. +Add link page,
     Isi "Page tittle" dan "URL" nya

     

4. Cara mengisi "URL" nya,
  Buka tampilan blog anda (bukan masuk ke tampilan management), klik "Label"    yang berada pada setiap post/artikel yang ada buat.


Setelah klik salah satu "label" maka akan tampil semua post/artikel anda yang memiliki "label" tersebut.
Copy URL nya, dan paste ke URL kolom ketika anda membuat di +Add link page.

Selesai, 
Step by step bagaimana cara membuat Tab/Menu Bar pada blog anda.


Silahkan men-coba, dan semoga membantu.

Salam 

116 comments:

  1. Sami-sami gan....
    Mudah-mudahan bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. Tutorial paling gampang yg saya temui
    makasih om :D

    ReplyDelete
  3. nice info.. keep sharing ya bro.. smoga makin maju blognya

    ReplyDelete
  4. mampir gan ke http://agung-ian.blogspot.com & jangan lupa join

    ReplyDelete
  5. thx gan.. akhirnya sy bsa membuat tab menu degan tutorial Label ini

    mampir broo blog yg masih progress.. :D

    http://catatan-tri.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. Makasih Ya bro mudah mudahan Blog ini Banyak dilihat orang :D

    ReplyDelete
  7. maaf mau nanya kalo letak configure list setting nya d sbblh mna ya ?? msih kurang ngerti nih, hehe maklum newbie. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Pujo, ikuti langkah point 2.
      Tapi sebelumnya masuk/login dari www.blogger.com
      Selamat mencoba

      Delete
  8. klo di dlm layout,page nya dimana ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dilihat di bawah mas, soalnya peletakan pages ini tergantung dari template yang mas gunakan.
      "pages" ini bisa di pindah-pindah, di drag aja.

      Delete
    2. terima kasih banyak penjelasan nya !!! sangat membantu saya dalam mengedit blog saya !!!

      kunjungi blog saya di : www.dinoblog01.blogspot.com

      Delete
  9. di step kedua, sy gabisa nmemu pages (?) gmnaa maksdnya? yg ada malah tambahkan gadget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke "layout" terlebih dahulu mas.
      Nanti di dalam layout ada "pages, header, blog, gadget, etc", nah pilih dan pindahkan "pages" ke atas (di drag aja).

      Delete
  10. kalo mau bikin sub laman gimana gan?
    jadi misal contohnya "Story" tadi ntar ada 2 sub. Satu sub laman "Fakta" satunya sub laman "Opini"
    gimana menambah sub laman pada Story tadi gan?
    Makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm, pertanyaan bagus....
      Terus terang saya belum pernah coba, jadi belum tahu.
      Coba ya, kalau saya sudah tahu caranya saya info kembali.
      thanks

      Delete
  11. Thanks Ilmunya ya.. Visit my blog juga ya : sedekahide.blogspot.com. Saya sudah implementasikan ilmu kamu.

    ReplyDelete
  12. keren gan. kunjung balik ya gan. www.cintasalafiyah.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan sudah berkunjung, sukses gan buat blognya.

      Delete
  13. di tutorial ke 2 gw bingung, caranya gmn...punya ane indo

    ReplyDelete
  14. Terima kasih banyak atas informasinya :) Dengan adanya Tab/Menu Bar, sekarang posting blog jadi lebih tertata ^^ Sukses!

    ReplyDelete
  15. maaf om.. mau nanya kalo mau masuk ke layoutnya ane masih bingung,,maklum nubi..mohon pencerahannya,,,thx om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke control panel blogger (login di www.blogger.com) terlebih dahulu.
      Di sebelah kiri ada deretan control panel yang bisa gunakan, salah satu nya "layout".
      Selamat mencoba

      Delete
  16. Thanks Sob info nya....
    Berkunjung juga ke sini hnd-g.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. saya bingung, blog saya pake bahasa indonesia, apakan anda bersedia mengajari saya secara perlahan?? terima kasih..

    ReplyDelete
  18. saya sudah buat tapi kok tidak bisa dibuka ya? mohon pencerahan kakak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang tidak bisa dibuka yang mana ya?coba jelaskan satu persatu.
      - login ke blogger.com
      - bikin blog anda
      - lalu mulai customize

      Delete
    2. makasih info nya gan, bermanfaat sekali, cuma gimana cara pengelompokkannya.. udah pake label, tapi di menu bar nggak bisa di buka

      Delete
    3. Mungkin ada step yang terlewat gan.
      Misalnya step 3.

      Delete
  19. thanks informasinya gan ;)
    kunjungi blog ane ya..walau masih baru..hehe
    jangan ragu kasih saran ane :D


    anggablogs10.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat.
      Ok, nanti saya berkunjung.

      Delete
  20. upload aja di bagian header, file nya bisa berupa jpeg.

    ReplyDelete
  21. Cara membuat sub menu nya gimana bro?

    ReplyDelete
  22. layout ada dimana sih? kok saya gak nemu?

    ReplyDelete
  23. Makasih banyak kang, jadi ngerti pasang menu bar :D

    ReplyDelete
  24. mantab sob, terimakasih banyak tutorialnya...

    http://tokoonlineobat.com/obat-jantung-bocor-alami/

    ReplyDelete
  25. Replies
    1. Bisa dijelaskan lebih lagi, gak bisa nya dibagian mana?

      Delete
  26. saya sudah masuk layout tapi kok ga ketemu Pages --> Edit --> tampilan baru Configure Page List --> +Add link page.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sudah benar, lalu lanjutkan dengan mengisi "page title" dan "web address/URL".
      Page title : judul dari page yang ingin dibuat
      Web address/URL : masukan alamat/url dari postingan anda, copy dan paste

      Delete
  27. Terimakasih buat artikelnya, mantab sob, menambah pengetahuan, bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, sukses juga buat blog dan jualannya

      Delete
  28. Terima kasih banyak, sangat membantu :D

    ReplyDelete
  29. Infonya bermanfaat, langsung apply di blog saya :3
    kunjungi blog saya juga gan :D
    salam..

    ReplyDelete
  30. Salam kenal mas Anto,, saya udah coba buka layout/tata letak..kok gak ada Pages --> Edit --> tampilan baru Configure Page List --> +Add link page. yaa? mohon pencerahannya. makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum mengatur layout, sebelumnya mba harus memilih/membuat tampilan/layout blog mba, bisa masuk di "template".
      Setelah memilih template layout, baru mba bisa meng-custom tampilan/layout blog mba, di "layout"

      Delete
  31. makasih,....
    http://aikuka.blogspot.com

    ReplyDelete
  32. Kang, geuning teu tiasa di blog urang, nya? Kumaha yeuh? Layout, teras milihan pages na dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh Kang, saya gak ngerti neh bahasanya :)
      Bisa pakai bahasa indonesia aja ya.

      Delete
  33. mantap gan infonya, sangat membantu bagi newbi seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat.....sukses juga untuk blog nya

      Delete
  34. TErima Kasih Agan, sangat membantu saya. n_n,
    ngomong ngomong mau sekalian tanya, kalo membuat tab kan sudah, terus kalo kepingin di dalam satu tab ada beberapa pilihan seperti Categori gitu, gimana ya gan. hehehe
    # Mohon Bimbinganya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan....
      Waduh untuk tab didalam tab belum pernah coba, nanti ya kalau sudah dicoba saya share.
      thanks

      Delete
  35. tampilan tata letak blog saya tidak ada pages. cara menambahnya gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo mbak Titin,
      Kayaknya "pages" itu standart, pasti ada untuk setiap layout standart.
      Tidak mau ganti template/layout yang ada pages nya aja ya?
      heheheh

      Coba saya liat-liat dulu ya, nanti kalau sudah tahu caranya.....saya infokan.

      Delete
  36. makasih gan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  37. cuy - kalau aku pakek template yg udah ada menunya gimna??
    cara buat link-in ke menu yg udah ada di template ,,, responya makasih :)

    ReplyDelete
  38. izin nyoba sob
    kunjungi juga
    http://caraspasi.blogsot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan....saya coba berkunjung ke blognya, blom aktif ya?

      Delete
  39. makasih infonya

    01tplpl.blogspot.com

    ReplyDelete
  40. josss terima kasih saya sangat terbantu untuk build blog saya...
    kunbal bang di womsurabaya.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.
      Saya sudah lihat, keren blog-nya....sukses ya

      Delete
  41. mau tanya
    layoutnya ada dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Layout adanya di control panel blog kita.
      Masuk dari www.blogger.com

      Delete
  42. muter2 cari tutorial yg pas dengan apa yg tak maksud.. eh nemu juga. Thanks <3

    ReplyDelete
  43. nice tutorialnya gan, thanks ya :D
    kunjungi juga ya wira98-agt.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  44. suwun infonya mas,
    ijin meninggalkan jejak http://pemudamars.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. jejak tertinggal, sukses untuk blog dan MARS nya

      Delete
  45. Mkasih banget atas informasinya,, mampir di blogku yah gan, https://dahdawi-anka.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  46. Terimakasih gan atas tutorialnya, saya untuk tujuan pembelajaran hehe krna masih SMK, mampir ya gan muhammadadhanr.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  47. tkx buat tutorialnya mas,,,kapan2 mampir ke sini mas

    pulupulustiker.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  48. Makasih buat inforamasi nya. Izin Share ya

    ReplyDelete
  49. visit my blog : http://zenzi-official.blogspot.co.id
    Buat yang pengen ngedit Akun Chatango nya agar terlihat imut atau keren

    ReplyDelete
  50. Makasih gan.. ga bingung lagi cara ngisinya :D
    Silakan mampir gan => www.ahyar-aquariuz07.tk

    ReplyDelete
  51. mudah sekali caranya. makasih gan hehehe

    ReplyDelete
  52. Ini yang aku cari-cari selama iniiii.. Maklum saya newbie, makasih banyak gann :D

    ReplyDelete